Selasa, 25 September 2012

Perjuangan Masuk Kampus Kebanggaan, STAN (Sekolah Tinggi Akuntasi Negara)


Pengen teriak sepuasnyaaaa..
Hhhooorrreeeeee…. Aku lulus STAN !!!!!
Rasanya kayak mimpi dan keajaiban …
Puji Tuhan yaaa
Sesuatu.u.u.u.u.u.u banget ^_^
Inilah cerita berhargaku tentang perjuangan masuk STAN sampe aku dinyatakan lulus :)


Okay, setiap orang berhak untuk menilai. Mungkin bagi mereka, ini terlalu berlebihan. Dalam arti bahwa, pasti ada yg mengatakan secara langsung atau dalam hatinya bahwa “halah, lulus STAN aja kok sombong. Pake acara mempublikasikan segala lagi. Biasa aja kaleee
Sebenarnya, aku pengen posting tulisan ini di blog pribadiku. Cuman aku sedang belajar untuk bikin blog pribadi. HEHEHEHE…(skrg dah jadi,horeee)
Well, siapapun bisa berkata kyk gitu. Nggak ada yg larang dan gak ada yg marah. Itu penilaian. Itu hak kalian. Tapi aku juga punya hak untuk membuat note ini dong. Marilah kita saling menghargai saja. Sapa tau setelah kalian membaca ini, kalian mjd mengerti arti sebuah perjuangan (bagi yg menganggap rendah note aku ini) dan membuat kalian lebih bersemangat.
Tapi, aku punya alasan tersendiri kenapa aku membuat ini.
Sebenarnya simple alasannya :
Pertama, ini akan menjadi kenangan yg gak pernah aku lupain.
Kedua, banyak peristiwa dan mujizat yg aku dapetin saat memilih STAN sebagai tujuan hidupku.
Ketiga, masuk STAN gak gampang. Apalagi tahun ini hanya dibuka 2 program, dan yg daftar adalah puluhan ribu peserta dan harus bersaing dengan mereka.
Keempat, ingin menjadi motivator bagi siapa saja yg ingin melanjutkan study ke STAN ato lainnya.
Kelima, bahwa berhubung tahun kemaren gak ada dari Maluku yg lolos ke STAN, maka lewat note aku ini, aku ingin bilang kepada dunia bahwa emang org Maluku gak bisa ? kita juga bisa. Buktinya tahun ini ada yg lolos. Dan aku ingin, ini menjadi langkah awal bagi warga Maluku untuk maju. Jgn hanya krna gak ada yg lolos taon kemaren, semangat langsung padam. Itu tidak bagiku :).

Pun juga, setiap org boleh menganggap lulus STAN itu biasa saja. Tapi bagiku luar biasa. Yang paling spesial dan bakal bikin kalian menjadi paling istimewa dari yang lain adalah "GAK ADA YANG NAMANYA KOLUSI DAN NEPOTISME UNTUK MENJADI SEORANG MAHASISWA STAN". Jadi, hasil yang kalian dapat adalah MURNI perjuangan kalian. Kalo lolos universitas lainnya yg bergengsi pun, bagiku gak se-luar biasa kayak lolos STAN (menurutku yah!). Bisa lolos ke STAN itu rasanya keajaiban. Coba aja orang paling pintar ikut USM-nya. Belum tentu bisa lolos. Karena itu tergantung dari kerendahan hati seseorg, niat, ketulusan, dan usaha. Sebab, org pintar akan menganggap dirinya bisa dan mampu, sehingga menyepelehkan soal2nya (kan pintar gituloh), akhirnya malapetaka yg didapat. Bahkan orang paling pintarpun kalo jawab semua soalnya dgn benar belum tentu lolos. Semua bergantung juga pada KEMURAHAN HATI TUHAN :)

Aku gak ngerasa diriku pintar. Tapi aku ngerasa aku punya sesuatu yg istimewa, sesuatu yg alami, sesuatu yg blum tentu ada pada diri org lain, dan itu yg membuatku merasa bisa dan mampu untuk hadapi ini semua. Kalo ngomong soal prestasi di sekolah, puji Tuhan aku punya itu. Dan semua juga bisa seperti itu kan ?! tetapi, bukan prestasi dari sekolah itu saja, melainkan niat, ketulusan, dan usaha itulah yg mengantarkan aku bisa masuk STAN.

Sesuai namanya, S T A N => bukan lagi berkepanjangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tetapi Sekolah Top Anti Nganggur (kata kak Mamat). Hahahaha =D. bener juga, soalnya gak ada tuh lulusan STAN yg nganggur :)
Gak mudah bagi seseorang yang ingin melanjutkan study ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Hey, STAN tuh sekolah impian banyak org!
Gak percaya ? Menurutku, 85% lulusan SMA/SMK/MA se-Indonesia akan bilang bgitu. #soktau :D

Kenapa ? Pertama, kuliah di STAN tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis..tis..tis..
Kedua, setelah lulus kuliah, dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Kementrian Keuangan baik di pusat maupun daerah. (Pusat deh…hehe, amin)..Jadinya, ga perlu susah2 buat ngelamar dan cari kerja deh..
Ketiga, udah gratis, langsung dapet kerja, gajinya juga itu loh :D. katanya nih untuk gol.3A gajinya tuh 16jt perbulannya. Hehe…tapi aku ga mikir gajinya loh! Yg aku mikir bagaimana ntar aku lulus, aku bias mengelola keuangan dengan baik :):D. *ciri anak yang taat* hahahahahahaha……

Yaaaaa, semua orang boleh aja bermimpi untuk masuk STAN, tapi blm tentu mimpi itu bisa terwujud. Tapi dimanapun kita kuliah, bersyukur saja. Sebab gak banyak orang bisa kuliah loh, apalagi di STAN. hehehe

Ada yg blg STAN tuh sekolah jujur loh!
Ada benernya juga kyknya. Soalnyee gak ada tuh pake acara sogok-menyogok dari awal daftar sampe kelulusan peserta! (Sekedar Info : Ehm, STAN gak ngajarin kita buat korup yaa. Kalo soal si Gayus (berhubung karna STAN itu bekas sekolahnya Gayus), itu karna kebodohannya sendiri. Gimana mau ngajarin korup coba, untuk tahapan demi tahapan masuk kuliah aja ga ada pake acara sogokan. Jadi, hindari pemikiran bahwa sekolah di STAN bakal bikin kita jadi kayak Gayus!!) Bukannya mau menonjolkan STAN, tp kenyataan emg gitu. Tp untuk sekolah kedinasan lainnya, ada yg jujur & murni kan yaaa!. Sekalipun ada yg namanya “orang dalam”. Bagi STAN sendiri, mau org dlm ato org luar angkasa skalipun, tetap saja kelulusan peserta itu karna prestasi peserta sendiri.  Murni tulen!! Kalo tesnya saja berawal pake sogokan, gimana lulusannya mau mengurus keuangan Negara dengan bener ?? jadi gak ada tuh sogok-menyogok..
Kalo lulus ya lulus, gak ya gak! Yg daftar puluhan ribu peserta, yg diterima cuman 1000-3000an peserta. Kayak tahun ini. Yang mendaftar sekitar 53.646 peserta, sedangkan diprediksikan yg bakal diterima hanya 1000-3000an peserta. Sungguh TER--LA--LU (bang roma irama mode: on ) :D

Seperti kata pepatah “Banyak yg terpanggil tapi sedikit yg terpilih”. Soalnya harus melewati satu tantangan maut yaitu USM STAN atau Ujian Saringan Masuk STAN, khusus pada TPA dan TBI yg akan bikin kita pegel, sakit kepala, nguras tenaga, mikir dan terus mikir, dan tentunya rumit serta menjebak. Bagi yg terbiasa boleh lah menganggap ini mudah. Tapi bagiku lumayan sulit. Karena belum terbiasa sama soal-soalnya. Soal-soalnya tuh SULIT BANGET, gak sama kyk yg biasa kita hadapi kayak tes UN, SNMPTN, PTN, dsb. Soalnya ini pake NILAI MATI pada tiap bagian soalnya, yaitu jawaban benar harus 1/3 dari jumlah soal pada tiap bagian. Tapi nilai mati gak juga jamin. Jadi, kita harus mencapai nilai yg setinggi-tingginya dengan tetap mempertahankan nilai mati.
Bahasa inggris mah ga segampang yg dibayangin. Lumayan sulitlah di soal “eror recognition” itu. Bikin otak kita beneran eror!!!!
Ribet banget yah pake nilai mati. Jadi misalkan ada 180 soal, yg terdiri dari 120 soal TPA dan 60 soal TBI. Untuk lulus nilai mati, minimal kita harus benar 40 soal untuk TPA dan 20 soal untuk TBI. Walaupun kita benar 120 untuk TPA tetapi HANYA benar 19 untuk TBI, tetep aja gak lolos. Jadi harus punya target/strategi dan harus lebih mengefektifkan waktu belajar biar dapet hasil yg maksimal. Untuk diketahui yaa, tahap seleksi TPA & TBI itu dianggap sebagai tahap paling mematikan dari USM STAN. Karena, di tahap ini adalah tahap yg banyak bikin ribuan org ga lolos. Sebagai contoh, yg daftar dari Jakarta kan 11ribu lebih peserta. Yg lolos Cuma 500-an. Ngebayangin ga brapa yg ga lolos? 10ribu lebih kan ? sereeemmm daaahhh :(…Waktu aku dinyatakan lulus TPA & TBI dan balik ke kantor waktu kita tes buat pastiin kalo namaku terpampang disana, pegawai kantoran bilang gini: wah, dek..kamu beruntung yaa bisa lolos akademik. Itu sudah bagus..untuk ntar tes kesehatan sama assessment-nya ga masalah. Kamu pasti bisa..yg penting dah lolos tahap mematikan ini…” so, aku bersyukur banget ..

Jadi banyakan org mikir kyaknya yg cocok masuk STAN tuh org2 yang benar2 cerdas, berprestasi, dan sgala macam. Tapi fakta membuktikan bahwa justru yg lulus USM-nya tuh org2 yg gak cerdas2 amat. Ini aku tau karna sering baca katakanlah diary kakak2 yg pernah kuliah disana. Yg lolos adalah yg banyak memahami dan latihan bentuk soalnya.
Ada yg bilang, siapa yang bisa masuk STAN dialah org yang paling beruntung. Disebabkan oleh karna itu tadi USM-nya..
Tapi gak gitu2 juga. Mana ada orang yg gak belajar tapi bisa lolos USM-nya ? kalo emang ada, paling gak nyampe 10 jiwa, dan aku ngucapin selamat karena mereka org yang paling jenius dan beruntung SEDUNIA, karna mampu menaklukan soal2 USM STAN tanpa belajar :D. Kalo pengen lolos yah belajar keras dan berdoa.

Dari kecil aku gak pernah bermimpi untuk masuk STAN. Aku mulai tertarik untuk masuk STAN sejak kelas 3 SMA looohhh !!!  Malah cita2ku dari kecil itu adalah kalo gak dokter pengen jadi praja muda. Jujur nii eee. Padahal, keren yah kalo aku jadi dr. Febby Lisapaly, spOG.

Hehehehe.. pengen selamatkan para ibu yang mau melahirkan. Tapi kagak nyampe kesana :’(
tapi tetep yg paling istimewa itu STAN dong :) dan aku sama sekali ga nyesel kuliah di STAN. Malah merasa beruntung dan paling bangga. Praise God!

Aku blank dan low info banget tentang STAN. Mau tanya ke sapa coba yg kuliah disana ? gak ada yg aku kenal. Akhirnya aku bertemu dengan e-booknya kak Lutfi ( lengkapnya Mamat Maslutfi ), salah seorang alumni STAN juga. Setelah aku join ke blognya dan mendonlot e-booknya yg berjudul “USM STAN ITU MUDAH”, aku ngerasa telah mendapatkan suatu pembaharuan dan motivasi yg luar biasa, sehingga aku lebih bersemangat untuk kuliah di STAN. Makasih ya kak Lutfi, sukses deh buat kakak :).

Yaaahh dengan modal iman & prestasi yg cukup, aku bertekad bulat untuk masuk STAN. Beraninya, gak ada 1 universitas pun yg aku berniat utk mendaftarkan diri selain STAN. Jadi pada saat itu cuma STAN yg aku harapkan. Apalagi di tahun ini, ada 4 tahap seleksi, antara lain seleksi administrasi, tes potensi akademik dan tes bahasa inggris (tantangan maut), tes kebugaran dan kesehatan, dan yg terakhir adalah assessment. Kayak mao jadi taruna saja yah? hahah :D

Ada beberapa orang yg nanya ke aku perihal dimana aku mau melanjutkan study ku. Pas aku blg mao k.STAN, mereka kyk gak yakin gitu aku bisa masuk STAN. Karna org yg slalu diandalkan dan dianggap bisa sekalipun ada yg gak lulus kesana. Apalagi tahun 2010 dari Maluku gak ada seorgpun yg lulus STAN. Untuk bagian Indonesia Timur itu, cuma dari Papua aja yg lulus. Mana dari sekolahku, cuman aku sendiri yg daftar tahun ini. Jahat bener semua. Apalagi dolpino sama mbbeeekkk tuh yang janji mau daftar juga. Padahal kagak.
Bagiku, soal lulus ato tidaknya belakangan lah! Yg penting kita tetep berdoa, belajar dan trus bersemangat. Lagian, kalo jalan Tuhan buat kita ke STAN, apapun yg terjadi pasti kita bakal lulus kok :).

Selanjutnya, aku ikut tryout STAN. Sayangnya, aku gak lulus :’(. Gimana mau lulus coba? Aku aja gak ada persiapan sdikitpun. Dan itu UNTUK PERTAMA KALINYA aku bertemu dan berkenalan dgn soal2 STAN. “Ooh, jadi ini yah bentuk soalnya, kataku dlm hati”. Karna ga lulus, makanya gak dapet kesempatan buat ikut bimbelnya. Awalnya, aku sempat putus asa. Tapi, aku gak mau nyerah dan mulai belajar sendiri. (emg yg ikut bimbel aja yg bisa, aku juga =>> ini yg jadi motivasiku)

Giilllaaaaaaaaaaaaaaaaaa… soal2 latihannya tuh susah banget (gak semua sih)! Pas liat soalnya, langsung blg “Ya Tuhan, gmana bisa aku nyelesain ini semua?”. Pokonya, kebanyakan soal yg aku beneran gak tau, blm usaha sampe abis, eh aku malah liat pembahasannya. Kan namanya harap gmpang & gak mau usaha kan?! Tapi tetap usaha dong sampai aku benar2 bisa kuasain semua bentuk soalnya. Kira2 membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Kalo yg ikut bimbel yah jelas berbulan2. Tapi aku ga nyerah. (lagi…dan lagi…Emang yg ikut bimbel aja yg bisa? Aku juga bisa !!). 2 bulan awal agak gak serius, tapi 1 bulan terakhir aku bener2 fokus.
Aku dapat banyak teman saat bergabung di komunitas USM STAN dan Bimbel Gratis USM STAN di facebook. Disana kami share, saling mendoakan & menguatkan, serta belajar bareng :). Di fb ajah dah enak kyk gtu. Apalagi blajar sungguhan dlm satu kampus with mereka. Waaahh, lebih seru lagi pastinya. Hehehoho

Aku juga demam STAN. Oalah, parah banget!
  1. Tiap hari cuma blajar soal2 STAN. Biar lagi bad mood nih tp tetep blajar. Pokoknya gak mau lepas sama buku2nya walau hanya dipandang.
  2. Rela gak makan am gak tidur, gak kerja juga sampe dimarahin karna tetap berusaha ngerjain soal2nya yg rumit
  3. Setiap hari kalo berdoa, pokok doa yg paling utama adalah “Tuhan, berkati aku biar bisa masuk STAN”
  4. Putus cinta! Cinta jadi korban neh :’(. nah untuk urusan ini, tinggalin aja dulu. Perasaan putus cinta kalian terbayar lunas setelah kalian nntinya lulus sebagai mahasiswa STAN. kalian bakal ngerasa bahagia yg luar biasa. nah itulah jodoh pengganti kalian. sama kayak aku.hehehe
  5. Setiap org kalo nanya ‘mau kul dmn feb?” aku pasti jwb dgn penuh ke-PD-an di STAN. Trus ditanya lagi “emg mau ngambil ap?” aku jwb lagi “aku mau ngambil pajak” sambil ketawa2 gak jelas gitu deh ..
  6. Deg-degan waktu ambil ijazah. Kirain nilai rata2 dibawah 7. Eh Puji Tuhan punyaku 8.7 :). lumayan lah yaaaa… tpi itu yg di ijazah. Sementara utk rata-rata untuk usm-nya sendiri 9.09. Puji Tuhan :) (UAS+UAN)
  7. Minta doa dari banyak pihak, baik yg dikenal ato gak knal skalipun biar bisa masuk STAN.
  8. Stiap kalo OL, pasti yg pertama kali dikunjungi adalah www.stan.ac.id. Maklum takut ketinggalan infonya. (waktu awal daftar)
  9. Hampir demam beneran waktu denger taon ini program D-3 STAN udah gak buka lagi sbagai akibat dari pergantian Menkeu dan dlm rangka rekrutmen pegawai baru :(. ckckckck!! Ternyata bener tuh gosip! Tapi untuk kagak demam beneran :’(
10.  Ini yg paling parah. Tiap hari tuh cuma mengahayal bisa masuk STAN :D
( eh tau2nya jadi kenyataan. Xixixixixi :D )

Benar-benar demam kan :@ (dikutip dqit dari wall-nya ‘aku dah lupa nama orgnya’ waktu kita gabung di komunitas STAN)
Betapa hebatnya aku sebagai seorg wanita. Menurutku, aku adalah wanita yg paling tegar dan paling sabar sedunia. Kenapa? Karena, pada saat persiapan untuk ikut USM STAN, aku diterpa ribuan masalah. Baik dalam keluarga, percintaan (ini yg paling bikin resek sedunia, sampe pernah bikin konsentrasiku hancur berantakan. Kamu hebat karna bisa bikin konsentrasiku hancur. Tapi aku pastikan kamu ga akan bisa sehebat untuk betahan saat ada yg hancurin konsentrasimu kayak yg kamu lakuin ke aku :)…aduh, jangan deh..ga kok becanda..aku ikhlas..*kasian, pukpuk diri sendiri*), dan lain-lain. Aku ga tau aku harus gimana dalam membagi pikiranku utk nyelesain ini semua. Untung aku bisa hadapi itu semua.

Well…
Akhirnya, tanggal 15 juli aku ngirim seluruh berkas2 pendaftarannya. Puji Tuhan, pas tgl 29 juli diumumkan, berkasku diterima ^_^. Setelah itu, tgl 21 Agustus, aku mengikuti USM STAN tahun 2011.
Ngebayangin ga, waktu mau USM, semua pada belajar aku sendiri yg baca Alkitab :D. takut soalnya. Jadi, itu yg bisa aku lakuin. USM kali ini ga bisa diungkapin dalam kata-kata. Susah banget soal2nya.
Waktu liat soal-soalnya, mau nangis ga jadi, ketawa juga ga jadi. superGALAU dah! Akhirnya, kerja aja deh tuh soal-soal. Sanking susahnya, aku sempat mikir “Kalo misalkan aku ga lolos, itu so pasti. Tapi kalo aku lolos, berarti keajaiban”. Ternyata keajaiban, aku sendiri dari sekolahku yg lolos STAN! Ga kok, semua ini karna Tuhan.

Next, tanggal 06 oktober aku lanjut ke tahap berikut, yakni tes kesehatan sama kebugaran. Kesehatan sih ga masalah. Tapi pas mau ke kebugaran, waaaaahhhh… berhubung aku kloter terakhir, makanya pas lari itu dah siang bolong. 12 menit di lapangan yg gede-nya se-stadion pula :’(..tapi aku tetep semangat. Puji Tuhan aku bisa 4x putaran lebih” dikit tanpa henti :)..puji Tuhan aku masih diijinkan Tuhan buat ikut tahap selanjutnya.

Tgl 24 oktober, aku ikut seleksi tahap akhir, yaitu assessment. Ada cerita lucu juga disini. Setau aku, yg namanya assessment itu, pasti ada psikotes, tes kepribadian, sama wawancara. Kalo psikotes kan pasti ada tuh yg pake gambar. Aku ga tau sama skali menggambar. Aku beli deh buku2 ttg assessment yg ada kaitannya sama gambar2an. Seharian latian gambar sampe aku bosan sendiri.. Pak tani yg aku gmbar aja tangannya cacat sebelah (jarinya cuman 4 :D), kakinya besar-kecil pula XD… kalo tuh bapak bisa ngomong, pasti aku dah dikatain ancur2an :’( :D..tapi untungnya tes menggambar yg nyebelin itu kagak nongol. Cuman wawancara ajah.. senengnya :)..Aku dah tau kalo aku bakal lolos STAN. Tuhan kasih petunjuk. Tuhan itu bakal membuka jalan bagi siapa aja yg mau berserah kepada-NYA. Jadi yah aku jalani aja.

Dengan keyakinan yg sungguh pada Tuhanku, Yesus Kristus, akhirnya kerja kerasku membuahkan hasil.
Diumumkan pada tgl 17 november 2011, puji Tuhan

“AKU LULUS DAN RESMI MENJADI MAHASISWI SEKOLAH TINGGI  AKUNTANSI NEGARA, PROGRAM DIPLOMA I SPESIALISASI PERPAJAKAN”

Aku terharu dan nangis karena Tuhan menepati janjinya utk aku ..
Doa seorang ibu itu emg selalu tulus dan besar kuasanya. Aku juga berdoa. Tapi kayaknya doa mama lebih manjur. Hehehehe
Juga untuk tanteku yg slalu bergumul untuk aku. Makasih semua :*
Buat temen-temen juga, khusus buat yg suka share soal di Bimbel USM STAN Gratis di fb, thanks untuk supportnya :).
Aku kira aku bakal nyesel dgn mengambil keputusan untuk gak tes kedok sama IPDN. Padahal enggak! :).
Thank u Lord Jesus :*
Yah, walaupun aku berharap banget sama program D-III itu. Yah, walau hanya D-I gak apalah. Yang penting bisa masuk STAN. Aku juga gak khawatir. STAN menyediakan banyak beasiswa kuliah lanjutan untuk mahasiswanya agar bisa berkuliah lagi, lagi dan lagi. Aku sadar ini semua rencana yang mahakuasa :).

Kata pak sapa itu yaa (dah lupa..) waktu di kanwil perbendaharaan prov.Maluku waktu tes assessment, “wah dek, ntar bapak2 sama ibu2 ini akan pensiun. Nah kalianlah yg akan menggantikan kami. Sekolah dan belajar yg rajin. Bila perlu setelah kalian lulus, lanjut terus sampe D-III, S-I, S-II, sampe abis tuh S-nya..wkwkwkwk.. responku: “Amin pak..” :D

Aku masih inget waktu pengumuman seleksi administrasi tgl 29 juli yang lalu. Aku takut banget. Deg2an, gemeteran, gak konsen buat ngelakuin sesuatu. Eh tau2nya berhasil. Gila yah, lolos seleksi administrasi aja senengnya minta ampun. Padahal masih ada 3 tahap seleksi yg lebih rumit lagi. Hahahaha :D
Gpp kan yah..
Jadi, yah begitulah kira-kira ..

Sekilas aku menceritakan perjuanganku untuk masuk STAN.
Ini ceritaku….apa ceritamu ? ccciiieeehhh, kayak iklan mie sedap :D
Ini adalah langkah awal bagiku untuk membuat suatu perubahan besar dalam hidupku, keluargaku, dan dunia (AMIN deh…). Tapi aku melakukan ini bukan untuk dunia. Tapi yg aku harapkan, dari akulah, semua org bisa mengenal Tuhanku yg sanggup melakukan segala sesuatu.

Buat yg baca note aku ini, aku mau pesan jangan pernah nyerah dan berhenti berdoa untuk menggapai harapan kita yg kadang dianggap mustahil bagi orang lain. Ingat, tak ada yg mustahil bagi Tuhan kpada stiap org yg tekun belajar, berdoa, dan berpasrah penuh kepada Tuhan..
Dan bersyukurlah terhadap apa yang diberikan Tuhan. Sebab, sesungguhnya apa yg Tuhan ngatur itu ada baiknya juga. Kita gak tau apa yg Tuhan akan buat untuk kita kdepannya. Gak ada yg bisa menyelami pekerjaan Tuhan. Apa yg Tuhan buat itu indah pd waktunya kok :).

Buat temen-temen yg belom lolos USM STAN tahun ini, jangan sedih yaa. Tetap semangat, optimis, dan jadikan ini sebagai motivasi untuk USM STAN tahun mendatang..

Dan semoga note aku ini bermanfaat untuk adik2 ato teman-teman yang ingin mengikuti ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun-tahun mendatang (kalo belom kiamat. Hahahaha :D). Yah sebagai pemberi motivasi gituloh :D
Jangan lupa mempersiapkan diri sedini mungkin dengan terus berdoa dan berlatih soal2 latihannya. Tetap semangat !!
Aku menunggu generasi Maluku berikutnya di Kampus perjuangan Ali Wardhana, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara !

SEKIAN dulu yaa
dapatkan tips lolos USM STAN versiku dan pengalamanku selama menjadi mahasiswi STAN di postinganku selanjutnya
Sukses ya untuk yang ingin berkuliah di STAN!

63 komentar:

  1. Aku juga pingiiin banget kul di STAN.. semoga perjuangan dan doa ku dan keluarga dikabulkan. Amin.. :)

    BalasHapus
  2. Sekolah Top Anti Nganggur.. hahahahahaha,, dosenku jg bilang bgtu, tp nie udh nganggur 6 bln ini.. haha
    (BC Jogja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya juga sih. kalian yg wisudanya oktober ya? kami baru 3 bulan nganggurnya. (bdk malang)

      Hapus
  3. keren banget :) aku juga baru mau masuk STAN ni mba walaupun masih kls2 sma tapi mau persiapan dari sekarang :D mnta doanya ya mba biar aku seberungtung mba bsa masuk STAN :)
    blog mba sudah membius sya (memotivasi:D) KEREN BGTTOP dah!!!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya. kesempatan selalu ada bagi siapa aja yang tetap berusaha :)

      Hapus
  4. Selamat ya kak :)
    aku susul nanti jadi ade kelasnya kaka Febby di STAN :D

    Salam,
    Pejuang USM STAN 2013

    BalasHapus
  5. aku seneng baca blog kka ini, semoga bisa seperti kka ya :)

    BalasHapus
  6. ijin repost di masukstan.com ya kak :D
    ntar saya cantumin blog dan sumber penulisnya kok :)

    BalasHapus
  7. kakak, mmenginspirasi sekali.. aku mau ikut USM STAN 2013 ini.. doakan aku lolos ya.. aamiin :)

    BalasHapus
  8. wihh semoga nasib aku kayak kk deh amin:) yg penting udh usaha, niat baik dan berdoa pasti diluruskan sama Tuhan kita yg hebat, Tuhan Yesus Kristus:)

    BalasHapus
  9. dek, mo tanya, kemaren waktu tes wawancara apa aja yg ditanyakan? adik saya mau tes wawancara bulan ini.. makasih ya buat infonya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak saya jarang buka blog. Adeknya lolos mbak?

      Hapus
  10. Semoga Tuhan bermurah utk 2 tes selanjutnya. Mohon doanya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Maaf ya saya jarang buka blog. Gimana hasilnya?

      Hapus
  11. kak, mau tanya pas tes wawancara itu ditanyain apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya dek, aku jarang buka blog. Gimana dek,lolos?

      Hapus
  12. Blognya bagus kak , jadi tambah semangat pengen masuk STAN :) semoga aja bisa kayak kakak yah , pasti bangga deh bisa diterima disana apalagi pake jas almamater yang keren itu haha :D doain ya kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yaa. Maaf dek aku jarang buka blog. Gimana, lolos?

      Hapus
  13. keren banget ka :) pengen kali masuk sana ka :( tapi orang tua yang nggak ngijinin karna terlalu jauh :(

    BalasHapus
  14. wessss. mantap bangat ka postingan nya.. jd pengen ikut jg. ternyata cerita kita tentang perjuangan msuk STAN ga bede ya ka,, saya jg D1 PAJAK lho,, dari MEDAN tp kul ny di stan JAKARTA. slam kenal ya ka,,, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke dek, hehe sukses yaa
      salam kenal juga, belajar yang rajin :)

      Hapus
  15. Turut berduka cita dengan perjuanganmu....
    Tau gak kenapa??
    Karena D1 itu dicetak untuk jadi kacung... sekali lagi KACUNG...
    Tau gak kenapa? Karena untuk naek ke golongan 3a sudah tidak ada lagi Ujian Penyesuian Kenaikan Pangkat, naeknya reguler 16 tahun, ya 16 TAON, kalo kamu punya duit mending kuliah akuntansi S1 lalu daftar deh CPNS Kemenkeu...
    Pesaingnya lebih dikit, dan lebih tidak berkualitas, So lebih gampang...
    Coba kamu itung berapa orang PINTER di sekolahmu yg ambil AKuntansi?? Pasti mereka ambil Eksakta, So persaingan masuk CPNS Kemenkeu lewat S1 JAUUUUUUUUUUUH lbh gampang daripada masuk STAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beasiswa di kemenkeu itu banyak mas/mbak. nyantai aja. selagi kita bekerja dengan hati, tulus, MAU BELAJAR LAGI, segala sesuatu pasti dimudahkan. rejeki masing2 orang ada. so, just "keep trust". where there's a will, there's a way!

      Hapus
  16. kak, tanya
    dulu waktu kakak liat nilai tes pertamanya, kakak betul brapa?
    TPA betul brapa
    B.Inggris betul berapa
    #buat gambaran aja kak ^_^
    tolong ya

    BalasHapus
  17. ahaha aku juga sering mengkhayal bisa kuliah di STAN ,apalagi sama jas almamaternya ngefans berat :D, doa ibu memang mujur banget, kalo kita percaya bisa ,Pasti Tuhan Yesus bakalan Approve, mohon doannya ya kk hehehe :)

    BalasHapus
  18. postingan kakak memotivasi bnget!! doain bisa nyusul kakak ya!! :)
    salam kenal kak :)

    BalasHapus
  19. Ka kalo giginya bolong gimana ka?

    BalasHapus
  20. semoga aku bisa nyusulkak.. :)

    BalasHapus
  21. bismillah kak, semoga aku bisa nyusul kakak amin:)

    BalasHapus
  22. Kak kalo di STAN peserta perempuannya banyak yang lolos gak? Info dong

    BalasHapus
  23. KISAH PERJUANGAN DAN PENGORBANAN MASUK Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

    Saya Akan Perkenalkan Diri Saya
    Nama: Alhadi
    Asal Daerah: Bengkulu
    Lulus Stan Tahun Ajaran 2013/2014

    Dari sinilah saya selalu mencari informasi dari beberapa teman dan sahabat saya untuk memberikan masukan serta arahah agar aku bisa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Akhirnya saya diberikan Salah satu teman dari teman saya memberikan Saya NOMOR HP untuk saya Hubungi, hingga saya langsung menghubungi No HP tersebut, aku menelepon No HP itu sebanyak 2 kali baru bisa terjawab, akhirnya saya berbicara dan menyampaikan keluhan saya selama ini.

    Dia merespon pembicaraan saya dan saya diberi petunjuk Untuk mengikuti 1 kali tes lagi, tapi bukan melalui jalur masuk USM STAN. Dan Penyampainyan beliau. begini kalau memang adik mau saya bantu dengan janji kelulusan, maka saya akan bantu, tapi dengan 1 catatan adik harus menuruti apa yang akan nantinya saya arahkan, DAN SAYA JAWAB Dengan sangat senang hati saya SIAP, akhirnya beliau menyuruh saya MENGIKUTI JALUR KEBIJAKAN/KEKELUARGAAN. Dan Saya jawab bukankah STAN.

    Memiliki 3 Jalur Masuk:

    1. Jalur Masuk USM STAN
    2. Jalur Masuk Beasiswa BPKP STAN
    3. Jalur Masuk Melalui Badan Kepemerintahan Perpajakan dan Keuangan.

    katanya YA benar apa adik sampaikan. Dan mengenai jalur KEBIJAKAN memang tidak ada tertera dari salah satu dari 3 jalur masuk STAN. Jalur kebijakan adalah dimana dengan kata lainnya bisa di artikan sebagai jalur kekeluargaan. Dan Saya Kembali Bartanya kpd beliau, apakah ada biaya yang harus saya bayar untuk bisa masuk jalur kebijakan itu. Jawab beliau ya ada, saya balik bertanya berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan dan apakah saya mendapat jaminan kelulusan bisa masuk Di STAN, beliau menjawab mengenai biaya yang harus adik keluarkan itu ada dan kelusan adik dijamin 100%. Tetapi adik tidak usah khawatir, saya bisa meluluskan adik dengan pembayaran yang tidak memberatkan hanya sebesar Rp. 25.000.000, saya menjawab bukankah biaya itu sangat sedikit, untuk bisa masuk jalur kebijakan, Ya adik memang benar apa yang adik bilang,

    Dan saya jawab kalau biaya segitu pastinya saya sangat mau. Singkat cerita, hingga akhirnya berkat bantuan beliau, akhirnya saya dinyatakan LULUS masuk di STAN, yang saya idamkan dan yang membuat saya sangat kaget ternyata saya tidak mengikuti teks sama sekali, tetapi saya hanya dibekali kartu TEKS saja. Dan itu menjadi rasa syukur yang amat mendalam bagi saya.

    Dan darisinilah saya mengetahui kalau orang yang membantu saya hingga LULUS, ternyata adalah Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN) PUSAT, Dia Adalah Kepala Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN)
    Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
    Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten
    Akhmad Priharjanto, SE, M.Si.
    Ini No Hp BELIAU.
    0857-5753-3037

    Anda mau seperti saya yang bisa masuk di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) , Sebaiknya tidak ada salahnya m'hubungi No hp Bpk Akhmad Priharjanto, SE, M.Si., Semoga beliau bisa membantu kelulusan anda seperti beliau meluluskan saya dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar 25 juta saja.

    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  24. good smoga tahun depan make almamater anda

    BalasHapus
  25. sangat menginspirasi kak Febby dan membakar semangat saya :D
    doakan tahun depan saya bisa mengikuti jejak langkah kak feby dan menjadi bagian kampus ALI WARDHANA Aaminn :)

    BalasHapus
  26. menginspirasi banget kak,doakan tahun ini aku juga lolos ya kak :) udah cita-cita banget kuliah di STAN

    BalasHapus
  27. Stan tgl 21 maret sudh di buka smapai tgl 3 april penutupan pendataran yg duterima maka lanjut ketahap tes tertulis tes kmampuan dasar tgl 20 sd 24 juni jd tes beda2x setiap tanggal anak tes apabila tes dasar lolos maka tahap selanjutya tes kesahetan tgl 15 juni lulus kesehatan langsung tes kompetensi tgl 29 juni

    BalasHapus
  28. Kakak sangat menginspirasi saya sekali. Semoga saya bisa kuliah di STAN. insyaallah. Bismillah semoga Allah memberikan aku petunjuk dan jalan. Aamiin ☺😊

    BalasHapus
  29. Kakak sangat menginspirasi saya sekali. Semoga saya bisa kuliah di STAN. insyaallah. Bismillah semoga Allah memberikan aku petunjuk dan jalan. Aamiin ☺😊

    BalasHapus
  30. kak boleh tau gak alamat ebook atau blog abang yg menginspirasi kakak? trims

    BalasHapus
  31. Bersama Tuhan aku pasti Lolos dan kuliah di STAN.AMIN

    BalasHapus
  32. Bersama Tuhan aku pasti Lolos dan kuliah di STAN.AMIN

    BalasHapus
  33. Kak...aku udah lulus tes tahap 1 stan kak..tapi aku takut banget kak ...soalnya pas tes kebugaran aku cuma dapet 6 pu ara. Lebih..kak bukanya aku males lari kak..tapi aku bahkan uda berusaha keras buat dapat 6 putaran itu kak...tapi aku lihat teman - teman lain pada dapat 7 samapai 8...gimana ni kak? Minta bantu doa ya kak....

    BalasHapus
  34. Kak...aku udah lulus tes tahap 1 stan kak..tapi aku takut banget kak ...soalnya pas tes kebugaran aku cuma dapet 6 pu ara. Lebih..kak bukanya aku males lari kak..tapi aku bahkan uda berusaha keras buat dapat 6 putaran itu kak...tapi aku lihat teman - teman lain pada dapat 7 samapai 8...gimana ni kak? Minta bantu doa ya kak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak saya ada mau tanya2 soal usm stan ini,boleh minta alamat email/fb?

      Hapus
  35. Selamat malam semuanya. maaf ya setelah sekian lama baru muncul lagi karena emang enggak ada waktu, sibuk terus sama pekerjaan kantor jadinya gak bisa dibales 1/1. terima kasih atas penghargaannya, pujiannya, saran maupun kritikannya. semoga tetap menginspirasi. sekali lagi mohon maaf jika saya gak sempat balas semua pertanyaan yang diberikan.

    saya mo ngasih tau beberapa hal buat kalian:
    1. kalo yang belum dikasih kesempatan berkuliah di STAN, kalian jangan bersedih hati. kalo yang masih punya kesempatan ikut tesnya lagi, kalian harus tetap semangat, berdoa dan pastinya belajar terus. bagi yang udah gak bisa lagi ikut usm-nya karena faktor Usia, kalian harus tetap semangat dan yakin bahwa rencana ada rencana Tuhan yang indah buat kalian. DIA menjawab tidak bukan berarti dia gak syg dan peduli, tapi memang ada sesuatu yang lebih baik disiapkan bagi kalian diluar sana, kalian bisa dipakai lebih hebat, mungkin lebih hebat dari aku. siapa yang bisa menyelami pekerjaan Tuhan?? ☺️ bersyukur untuk semua yang terjadi. oke??

    2. bagi yang ikut tes tahun ini dan diberi kesempatan lolos di tahap I, terus udah lanjut tahap II dan yang sedang nunggu hasil, yang klian harus lakukan adalah tetap semangat ya. banyaklah berdoa dan yang utama adalah rendah hati, jangan sombong. ini masih awal, masih ada tahapan lanjutan. kita udah melakukan bagian kita, sisanya serahkan pada Tuhan. apapun yang terjadi, bersyukurlah 😇 semangat untuk tahapan-tahapan selanjutnya. soal STAN terus bagaimana perkuliahannya, dan lain lain, jangan kalian pikirkan terlebih dahulu, fokus dlu sama ujiannya ya. nanti kalo ada waktu, bolehlah nanya2 lagi kalo udah lulus,nanti sekalian pengalaman kuliah bisa saya bagikan. jika saya gak sibuk,nanti saya balas komentarnya lagi.

    semangat semuanya,
    selamat berjuang
    semoga sukses. jangan lupa andalkan Tuhan selalu..
    dan selamat menunaikan Ibadah Puasa ya bagi yang menjalankan
    Minal Aidin Wal Faidzin 🙏

    BalasHapus
  36. Kaka saya mau nanya nih, dpt bimbel stan gratis caranya gimana yaa?? Aku juga pengen masuk stan kayak kaka

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Mau bngt msk STAN, smoga perjuangan ku buat msk STAN tdk sia", aamiin

    BalasHapus
  39. Keren kaka febby lisapaly, sya izin share ke adik2 saya yaa , salam untuk anak2 ambon. Fromm alorr

    BalasHapus
  40. Kakakkk saya mau tanya.. dulu kaka msk stan ikut bimbel ga? Online atau ga? Saya mau msk stan doain kak :')

    BalasHapus
  41. Hallo semuanya.. udah lama banget aku ga ngeblog lagi sejak kerja. padat dan sibuk banget. Sukses ya semuanya untuk ujian tahun ini. Berdoa, belajar yang tekun, pasti kalian bisa. minta restu orang tua. stay humble juga. Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang merayakan yaa :)

    BalasHapus
  42. Luar biasa kak, sangat memotivasi kata² nya.
    Sebenarnya Debo udah baca blog ini tahun lalu tapi enth kenapa Malam ini tergerak banget buat baca lagi :D
    Bahkan saya sangat ikutin baget sebagian tentang KK hehe dari mulai FB, Ig hingga KK menikah 👉👈
    Ah tak terkatakan kk, i'm so proud of you🥺

    SEMOGA TAHUN 2021 SAYA BISA MASUK STAN #AMIN
    GBU kak🥺😇😇

    BalasHapus